APA BEDANYA TEKNOLOGI ZAMAN DAHULU DAN ZAMAN SEKARANG ?

Teknologi merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang penting. Kita tidak mungkin dapat berkomunikasi dengan orang lain di tempat lain yang jauh dengan tanpa menggunakan alat komunikasi. Teknologi berkembang dengan mengikuti zaman dan perkembangan di dunia. Apakah kamu suka melihat sepak bola di televisi ? Selain menonton langsung di lapangan, kita juga bisa bisa melihat pertandingan di sebuah layar di televisi tersebut. Bahkan kita juga bisa melihat kabar negara tetangga kita melalui televisi. Inilah salah satu contoh kemajuan teknologi telekomunikasi sekarang ini. Tentu saja teknologi sekarang beda dengan teknologi zaman dahulu. Seperti apa teknologi zaman dahulu ? dan seperti apakah teknologi zaman sekarang ini ? Mari kita belajari tentang kemajuan teknologi zaman sekarang dan zaman dahulu.

Teknologi Komunikasi Zaman Dahulu

 zaman dahulu orang-orang sudah menggunakan alat-alat teknologi loh ! Tentu saja alat-alat teknologi zaman dahulu tidak secanggih teknologi zaman sekarang
zaman dahulu orang menggunakan alat tali, telik sandi, surat, kentongan dan kurir untuk berkomunikasi.

  • Kentongan, Alat ini digunakan untuk tanda-tanda di kampung apabila ada maling atau kejahatan dengan cara dipukul dengan menggunakan sebuah alat yang terbuat dari kayu atau bambu.
  •  Telik sandi, orang yang dipilih untuk mengintip atau menyusup masuk ke dalam pertahanan musuh. Tugas utamanya adalah mencari tahu kekuatan dan kelemahan musuh. Kalau zaman sekarang di sebut Intel .
  • Kurir adalah orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus.
  • Tali Pohon, Cara ini digunakan pada zaman penjajahan. sebuah tali yang panjang di bentangkan dari pohon ke pohon dan di ujung tali  di berikan sebuah bekas kaleng  dan apabila di tarik akan akan mengeluarkan bunyi.

Teknologi Komunikasi Zaman sekarang

pada dasarnya berkomunikasi itu ada 2 yaitu berkomunikasi langsung dan tidak langsung. Komunikasi langsung terjadi apabila 2 orang berbincang-bincang berhadapan muka. Sedangkan komunikasi tidak langsung terjadi apabila 2 orang berbincang-bincang menggunakan alat perantara. Mari kita bahasa teknologi zaman sekarang ini.

Telegram ialah berita yang dikirim melalui telegraf. Kode-kode dan  isyarat yang digunakan untuk mengirim pesan melalui telegraf disebut morse.

Telepon  merupakan alat yang sering di gunakan manusia pada saat ini. Dengan mengetik nomor tujuan dalam waktu singkat kita dapat berkomunikasi dengan teman, sahabat, pacar, orang tua, dan keluarga yang di luar negeri.

HT (Handy Talkie), termasuk alat komunikasi menyerupai telepon genggam. Biasa digunakan polisi, tentara, satpam, pendaki gunung, dan tim SAR.

 Televisi, Kita dapat melihat berbagai peristiwa yang terjadi di tempat yang      jauh dari tempat tinggal kita melalui televisi.

 Internet, zaman sekarang ada sebuah alat yang lebih canggih lagi. Alat komunikasi ini bernama Internet. Peralatan yang di gunakan untuk bisa menggunakan internet adalah komputer. Melalui internet itu kita bisa mencari teman, bisnis, mencari tempat tinggal seseorang, melihat keadaan di daerah lain, ngobrol bareng teman dan mengirim gambar.

Mungkin hanya ini yang bisa saya share .
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang membacanya . . .
 

4 Responses to "APA BEDANYA TEKNOLOGI ZAMAN DAHULU DAN ZAMAN SEKARANG ?"

  1. Jauh bener ya perbedaan jaman dulu sama yang sekarang, tapi masih ga ngerti yg tali pohon.. belum pernah denger soalnya :D Kalo tali kutang kayaknya sih ngerti gan wkwk

    ReplyDelete
  2. coba agan buat seperti itu, saya waktu SD kebetulan sudah pernah mencobanya gan, hahaha tali kutang setiap hari lihat :)

    ReplyDelete

click duit