Tips Belajar Bahasa Pemrograman

Intinya adalah sampean harus bisa belajar sendiri tanpa menunggu diajari dan tidak manja. Hidup ini akan terasa keras kalau sampean terlalu lunak terhadap sampean sendiri. Sebaliknya, hidup akan terasa lunak kalau sampean keras terhadap diri sampean sendiri. Sampean tidak bisa menuntut dosen seharusnya begini dan begitu, karena sampean sudah dianggap dewasa, dianggap tahu apa yang harus dilakukan. Kalau sampean merasa tidak tahu ya tanya langsung sama dosen nya atau sampean bisa tahu sendiri dari tempat yang lain.

Belajar di jaman sekarang, apalagi belajar pemrograman dan skill IT lainya itu lo sebenarnya sangat-sangat mudah. Sampean punya laptop, punya koneksi internet, dan bisa bahasa Inggris. Sampean bisa belajar apa saja dari internet. Kalau tidak tahu tempatnya, tinggal tanya sama mbah Google. Lah sampean sih laptop hanya dipakek untuk facebookan, twitteran, ngepath, dan instragraman saja. Mbok ya dipakai untuk belajar.

Belajar ngoding itu menurut saya ada dua hal yang harus dipahami. Pertama adalah conceptual skill dan yang kedua adalah technical skill. Untuk kemampuan konseptual sampean harus paham dasar-dasar algoritma dan struktur data. Algoritma itu akan membentuk pola pikir sampean bagaimana menyelesaikan permasalahan komputasi secara logis. Untuk kemampuan technical skill sampean hanya perlu membiasakan cara mengekpresikan conceptual skill dalam bahasa pemrograman yang spesifik.


0 Response to "Tips Belajar Bahasa Pemrograman"

Post a Comment

click duit